Entrevista con el fotógrafo Fergus Jordan

Fotografi Fergus Jordan mengeksplorasi konflik antara kegelapan, malam dan cahaya buatan. Dia juga membutuhkan waktu untuk memeriksa kota dalam fotografi dan status masyarakat pasca-konflik. Dia adalah seorang peneliti independen yang berbasis di Belfast dan menyelesaikan PhD dalam Fotografi di Pusat Penelitian Seni, Desain dan Lingkungan Buatan, University of Ulster (2012). Koleksi gambarnya yang tajam, Garden Estate, yang diambil di Ballymena, Irlandia, saat ini tersedia di The Velvet Cell. Aesthetica berbicara kepada Jordan tentang pendekatannya terhadap proyek unik ini dan rencana masa depannya.

 

A: Apakah Anda ingat foto pertama yang Anda potret?

FJ: Saya memiliki ingatan yang sangat buruk dan mengambil foto adalah sesuatu yang selalu saya lakukan. Selama bertahun-tahun saya telah membuat perubahan progresif, memotret untuk kesenangan bekerja sebagai fotografer komersial dan sekarang mempertimbangkan fotografi sebagai praktik seni dan penelitian. Saya ingat foto malam pertama yang saya ambil, di Dunclug area yang menjadi fokus Garden Estate. Saya berumur 16 (1998) dan saya baru saja membeli kamera film SLR pertama saya. Saya berkeliaran di sekitar perkebunan dengan teman saya Vinny, salju turun dan semuanya diputihkan dengan natrium oranye. Saya mengambil foto dengan flash sebagai percobaan, saya tidak benar-benar tahu apa yang saya lakukan tetapi saya pikir foto inilah yang menjadi dasar minat saya pada malam dan fotografi.

 

A: Tolong bisakah Anda menjelaskan ide di balik Garden Estate?

FJ: Serial ini merupakan refleksi dari warisan epidemi heroin pertama di Irlandia utara, yang menghancurkan lahan dewan tahun 1970 di tepi Ballymena yang disebut Dunclug selama tahun 1990-an. Sampai saat ini obat-obatan golongan A seperti heroin adalah sesuatu yang tetap terkunci di utara karena tingginya keamanan kehadiran pasukan Inggris dan divisi komunitas fisik. Ketika konflik mereda, pasar terbuka bagi pengedar narkoba untuk menjual. Dunclug adalah kawasan perumahan campuran tempat umat Katolik dan Protestan hidup berdampingan dengan rasio hampir 50/50 – tidak ada kehadiran paramiliter yang nyata untuk dibicarakan. Saya pikir netralitas politik inilah yang membuat ruang ini begitu rentan, karena itu adalah satu-satunya perkebunan dewan di Utara tempat para pengedar narkoba dapat secara terbuka menjual tanpa intimidasi atau kontrol paramiliter. Hal ini menyebabkan masuknya dealer dan pada tahun 1999 daerah tersebut memiliki beberapa ratus pengguna heroin aktif yang memiliki dampak besar pada perkebunan dewan kecil ini.

 

A: Gambar-gambar di Garden Estate tampaknya diambil secara objektif dari perspektif orang luar – apakah itu sesuatu yang Anda coba capai?

FJ: Saya dibesarkan di perkebunan, itu adalah rumah saya, saya tahu tempat seperti punggung tangan saya. Saya tidak suka tempat itu tetapi saya terhubung erat dengannya. Saya belum menjalani kehidupan mereka selama 12 tahun sehingga saya berada dalam posisi unik untuk memeriksa Dunclug sebagai akibat dari hubungan batin saya dengan luar. Saya mengeksplorasi ide ini dengan pekerjaan seperti Dunclug Night I dan Dunclug Night II. Saya memahami mekanisme sosial perkebunan dan menggunakan pengetahuan ini, saya dapat mengembangkan metode kerja untuk mengeksplorasi kompleksitas ruang. Tidak pernah tinggal di Dunclug selama 12 tahun telah memberi saya ruang untuk menjauh dari perkebunan dan melihatnya membentuk perspektif orang luar juga. Salah satu hal paling menarik yang muncul dari proses memamerkan, berbicara, dan menerbitkan karya adalah diskusi seputar perspektif orang dalam / orang luar dan cara kita berpikir tentang ruang publik dan komunitas. Membuat pekerjaan tentang tempat seperti Dunclug itu rumit, saya sampai pada kesimpulan bahwa penelitian ini tidak dapat mengambil manfaat dari pelabelan atau pagar cincin. Tentu saja posisi saya sebagai residen dan seniman yang kembali mengungkapkan beberapa kontradiksi pemikiran tentang pengucilan / inklusi sosial atau perspektif dalam / luar masyarakat.

 

A: Apa yang membuat Anda tertarik pada subjek khusus ini?

FJ: Ini adalah ketertarikan saya pada prinsip perencanaan radburn (konsep The Garden Estate). Dunclug adalah salah satu dari banyak perkebunan di dunia yang berbasis di radburn. Prinsip dasar model radburn adalah menjauhkan jalan dan mobil dari jalur pejalan kaki. Biasanya, ini melibatkan pembuatan jalan buntu dan parkir yang melayani bagian belakang rumah, dengan bagian depan perumahan membuka ke kebun komunal dan jalur yang dibayangkan untuk membantu merangsang hubungan masyarakat. Saya memotret labirin jalur pejalan kaki dan jalan tikus, jalan buntu dan jalan buntu menjelajahi kompleksitas kebun dan cara-cara yang digunakannya membantu para pengedar narkoba di perkebunan. Saya melakukan upaya bersama untuk menghindari memotret ghetto yang terlihat di perumahan, alih-alih memfokuskan pada kekosongan besar di mana flat bertingkat dan stok perumahan pernah berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *